Indonesia Best Brand Award 2023 Kembali Digelar, Brand Lokal Indonesia Semakin Diapresiasi Masyarakat

13 Desember 2023

Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 kembali diselenggarakan Majalah SWA dan MARS. Penyelenggaraan tahun ini adalah yang ke-21. Ada ratusan brand asli Indonesia yang selama 21 tahun terakhir ini telah berhasil mendapatkan pengakuan best brand lewat ajang bergengsi ini. Dalam sambutannya saat membuka acara IBBA 2023, Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media mengatakan “Brand yang keluar sebagai pemenang IBBA 2023 ini adalah hasil survei yang diselenggarakan MARS dan Majalah SWA dan ini adalah penyelenggaraan yang ke-21 sehingga ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen Majalah SWA untuk mendukung brand Indonesia menjadi best brand di dalam negerinya sendiri.”

Selanjuntya, dalam pembukaan Radhi Hersemiaji Kartowisastro, CEO Mars Digital juga memberikan sambutan. Dalam kesempatan itu Radhi menyampaikan “Terima kasih kepada Majalah SWA yang masih mempercayai kami sebagai mitra riset hingga 21 tahun. untuk mensurvei Indonesia Best Brand tahun ini kami melibatkan lebih dari 5000 responden baik itu personal maupun rumah tangga. Dalam survei kami buat dalam 124 kategori produk dan tahun ini ada banyak nama-nama baru di kategori baru maupun di kategori yang sebelumnya sudah ada.” 

Tahun 2023 ini, IBBA dibuka dengan sharing session yang bertajuk “Navigating Multile Challenge to Become best Brand: Lesson Learnt From The Champion”. Tiga pemenang tampil sebagai pembicara dalam sesi ini. Mereka membagikan best practice-nya dalam menavigasi multi-tantangan untuk menjadi best brand. Mereka adalah Salman Subakat, CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp, kemudian Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia dan Bernando Pardamean, Head of Marketing Sari Murni Grup. 

Dalam sesinya, Salman Subakat membagikan pengalaman Paragon Techonology & Innovation menavigasi brandnya melewati masa sulit  dan ramainya brand skincare pendatang baru ke dalam pasar Indonesia. “Dahulu Paragon hanya punya Wardah dan setelah 38 tahun sekarang sudah ada 16 brand. Tetapi tantangan eksternalnya pun tidak kalah sengit, sejak sekitar tahun 2010 di Indonesia ada ribuan brand baru untuk kecantikan dan perawatan kulit, tetapi kabar baiknya adalah masyarakat Indonesia kini semakin sadar dan bangga pakai brand lokal yang berkualitas, jadi saya mau semua pemilik brand lokal Indonesia untuk terus perkuat posisinya karena faktanya orang Indonesia itu cinta dengan merek lokal. “ ujarnya. 

IBBA 2023 kali ini menganugerahkan nama-nama brand pemenang antara lain Momogi, Bridgestone, Meccaya – Salep 88, Sharp, Kacang Garuda, Gery Saluut, Pilus Garuda, Mountea, Gery Chocolatos, Okky Jelly Drink, Chocolatos, Sanyo, Beras Sania, Viva, Hufagripp, Bank Syariah Indonesia, Polytron, Adira Finance, Auto2000, Tolak Angin Sido Muncul dan Garda Oto.

More Articles

Kicking off a collaboration project with Ministry of Agriculture

Data Science Training Series with AUTO2000